PKN- HAK ASASI MANUSIA
TUGAS KELOMPOK 1.1
1.
Selain dijamin dalam konstitusi, hak asasi manusia juga
dijamin di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang
Hak Asasi Manusia. Coba kalian identifikasi jenis hak dan kewajiban asasi yang
diatur dalam peraturan perundang-undangan tersebut.
Kewajiban Asasi Manusia
|
Hak Asasi Manusia
|
Wajib ikut
dalam upaya pembelaan negara sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan
|
Hak untuk hidup
|
Wajib untuk
menghormati HAM
|
Hak untuk berkeluarga
dan melanjutkan keturunan
|
Wajib untuk
melindungi HAM
|
Hak untuk mengembangkan diri
|
Wajib untuk
menegakkan HAM
|
Hak untuk memperoleh keadilan
|
Wajib untuk
memajukan HAM
|
Hak atas kebebasan pribadi
|
Dalam
menjalankan hak dan kewajibannya setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan
yang ditetapkan Undang Undang
|
Hak atas rasa aman
|
Pemerintah
wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, dan
memajukan hak asasi manusia yang diatur dalam Undang Undang , peraturan
perundang-undangan lain, dan hukum internasional tentang hak asasi manusia
yang diterima oleh negara Republik Indonesia.
|
Hak atas kesejahteraan
|
Menyebarluaskan pemahaman mengenai
HAM
|
Hak turut serta dalam pemerintahan
|
Melindungi dan mempertahankan martabat manusia
|
Hak wanita
|
Menghargai HAM
|
Hak anak
|
2.
Meskipun Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun
1999 tentang Hak Asasi Manusia telah diberlakukan, akan tetapi masih saja
terjadi berbagai kasus pelanggaran HAM. Berkaitan dengan hal itu, jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
a)
Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya
pelanggaran HAM?
Menurut pendapat kami yang harus bertanggung jawab untuk
mencegah terjadinya pelanggaran HAM adalah seluruh masyarakat. Meskipun
pemerintah juga memiliki tanggung jawab
untuk melakukan upaya pencegahan, tetapi tanpa ada campur tangan dari
masyarakat upaya tersebut akan sia-sia dan tidak akan bisa berjalan dengan
semestinya. Oleh karena itu, peranan dari seluruh elemen masyarakat sangat
diperlukan dalam upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM .
b)
Apa saja solusi yang kalian ajukan untuk mencegah terjadinya
pelanggaran HAM?
Solusi yang kami ajukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM
adalah dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya Hak
Asasi Manusia agar mereka dapat menghargai dan memahami arti penting Hak Asasi
Manusia sehingga pelanggaran Hak Asasi Manusia tidak terjadi.
TUGAS
KELOMPOK 1.2
Contoh Perilaku yang menunjukkan pengehormatan terhadap HAM
No
|
Lingkungan
|
Contoh Perilaku
|
1
|
Keluarga
|
a.
Menghormati dan menyangi adik atau kakak, ayah, ibu dan anggota keluarga
lainnya
|
b.
Menghormati dan menyangi adik atau kakak, ayah, ibu dan anggota keluarga
lainnya
|
||
c.
Tidak membeda-bedakan antara anak baik anak sulung atau anak bungsu dan
yang lainnya
|
||
d.
Tidak memaksakan kehendak pada anak, orangtua dan anggota keluarga
lainnya
|
||
e.
Saling sayang menyayangi antar anggota keluarga, dan menegur bila salah
satu anggota keluarga melakukan kesalahan.
|
||
2
|
Sekolah
|
a.
Tidak memaksakan kehendak kepada teman/guru
|
b.
Mentaati tata tertib sekolah dengan baik
|
||
c.
Saling hormat menghormati antar mutid dengan murid, murid dengan guru dan
warga sekolah lainnya
|
||
d. Tidak membeda-bedakan teman,
misalnya teman yang kaya atau miskin
|
||
e. Guru bersikap adil kepada semua
murid
|
||
3
|
Masyarakat
|
a.
Tidak
menghardik pengermis atau kaum dhuafa lainnya
|
b. Membantu tetangga jika dalam kesusahan
|
||
c.
Tidak
menyinggung perasaan tetangga
|
||
d.
Menghargai
pendapat orang lain
|
||
e.
Berkomunikasi
dengan baik dan sopan santun
|
||
4
|
Bangsa dan Negara
|
a.
Memahami dan menaati setiap instrumen HAM yang berlaku
|
b.
Memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat
|
||
c.
Mematuhi semua peraturan-peraturan ang ada di suatu pemerintahan
|
||
d.
Masyarakat ikut serta dalam membantu kebijakan-kebijakan pemerintah
|
||
e. Hakim pengadilan didalam
pemerintahan berlaku adil dalam memutuskan suatu perkara
|
TUGAS KELOMPOK 1.3
Kronologis
Kejadian
|
Penyebab
|
Nilai
Pancasila yang Dilanggar
|
Upaya
Penanganan
|
Di suatu
daerah terjadi perusakan dan pembakaran tempat ibadah yang dilakukan oleh
orang-orang yang beragama lain.
|
Merasa
agamanya yang paling benar, kurangnya pemahaman dan pendidikan untuk saling
menghormati dan menghargai antar umat beragama
|
Ketuhanan
Yang Maha Esa
|
Memberikan
pemahaman kepada pelaku bahwa setiap orang berhak untuk menganut agama dan
kepercayaannya masing-masing
|
Di perumahan
elit, terdapat beberapa warga yang tidak mengikuti kegiatan gotong.
|
Merasa dirinya kaya sehingga tidak
ingin ikut dalam kegiatan tersebut
|
Kemanusiaan yang adil dan beradab
|
Adanya sanksi dan teguran tegas dari pemuka masyarakat.
|
Saat adanya rapat OSIS di
sekolah,
, terdapat seorang anggota yang tidak mau mendengarkan pendapat dari anggota
yang lain dan tetap mempertahankan
pendapatnya sendiri.
|
Rasa sombong,
merasa dirinya yang paling benar, tidak mengutamakan kepentingan bersama.
|
Kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.
|
Pemberitahuan atau pengarahan
dengan baik oleh ketua OSIS atau guru pembimbing kepada siswa tersebut
|
Di suatu
sekolah, sering kali terjadi pemerasan yang dilakukan oleh kakak kelas kepada
adik kelasnya.
|
Kurangnya pendidikan dan pemahaman
akan nilai-nilai kewarganegaraan.
|
Keadilan sosial bagi seluruh
rakyat Indonesia.
|
Peringatan dan pengarahan dengan
baik dari orang tua maupun guru pembimbing.
|
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimala kasih
BalasHapus