Contoh Soal Kemampuan Matematika



Mathematical power includes the ability to explore, conjecture, and reason logically; to solve non-routine problems; to communicate about and through mathematics; and to connect ideas within mathematics and between mathematics and other intellectual activity (NCTM , 1999).

Jenis Kemampuan Matematik :
1.     Pemahaman Matematik
2.     Penalaran Matematik
3.     Pemecahan Masalah Matematik
4.     Komunikasi Matematik
5.     Koneksi Matematik
6.     Berpikir Kritis Matematik
7.     Berpikir Kreatif Matematik


1.     Soal Kemampuan Penalaran Matematik
Jika panjang rusuk kubus ABCD. EFGH adalah 8 cm, maka jarak titik C ke garis FH adalah....

2.     Soal Kemampuan Pemahaman Matematik


Tentukan  ʃ 2x √x2-1 dx

3.     Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
Panjang jalan tol Bogor – Jakarta 60 km. Pada pukul 12.00 mobil A berangkat dari pintu tol Bogor menuju Jakarta dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Pada saat yang sama mobil B berangkat dari pintu tol Jakarta menuju Bogor dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam. Kedua mobil tersebut akan berpapasan pada pukul ?

4.     Soal Kemampuan Komunikasi Matematik
Siswa SMPN 2 Pasuruan memiliki hobi yang berbeda-beda, 30% hobi memasak, 10% hobi membaca, 50% hobi berenang, dan sisanya hobi bersepeda. Gambarkan data di atas dalam bentuk matematika yang kamu ketahui ?

5.     Soal Kemampuan Koneksi Matematik
Sebuah bak mandi berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 1,5m. Pada pukul 17.00 Pak Rangga membuka kran air untuk mengisi bak mandi. Jika dalam 10 detik bak mandi tersebut terisi 1 liter air, pada pukul berapa pak Rangga harus menutup kran air?

6.     Soal Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik
Diberikan persegi panjang ABCD dengan sisi 80cm dan 120cm. bagilah persegi panjang tersebut kedalam 3 bangun yang berbeda namun dengan luas yang sama. Jelaskan bangun apa yang terjadi dan hitung keliling masing-masing bangun tersebut?

7.     Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematik
Seorang pedagang menjual berbagai macam buah-buahan, diantaranya jeruk, manga, apel dan manggis. Pedagang tersebut memiliki aturan khusus dalam menjual buah-buahannya. Jika membeli satu buah apel, maka akan mendapatkan bonus dua buah manggis. Jika membeli satu buah manggis maka akan mendapat bonus satu buah jeruk. Jika membeli satu buah apel, satu buah manggis, dan satu buah jeruk, maka akan mendapat bonus tiga buah manga. Jika pembeli menginginkan bonus bagaimanakah cara pembeli tersebut untuk mendapatkan bonus dengan ketetuan paling banyak membeli 5 buah-buahan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIKUM KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

MAKALAH ISLAM SEBAGAI AGAMA FITRAH

PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA